Home > Celoteh > Selamat Datang di Blogosphere

Selamat Datang di Blogosphere

Selamat datang di blogosphere. Dunia dimana kita bisa bebas mengekspresikan pendapat, pemikiran, ide, cerita, pengalaman dalam bentuk tulisan online (halah… opo jal) di belantara maya ini.

Harusnya ada yang mengucapkan kata-kata itu kepada saya, anak ingusan yang baru menjejakkan kaki di dunia maya dan baru belajar ngeblog ini. Dengan kata-kata yang lemah lembut penuh dengan nuansa sambutan yang sangat hangat dengan bahasa Indonesia yang santun tentunya hehe.

Blogosphere adalah dunia yang bebas. Kita bebas mengekspresikan diri lewat tulisan-tulisan di Blog yang barmacam-macam. Mulai dari blog yang religius sampai blog yang berisikan konten jorok. Dari blog yang ilmiah dan berbobot sampai blog yang asal bunyi. Dari blog yang nulis sendiri sampai yang plagiat atau sekedar kopi paste. Dan kita bisa saja menunjukkan jati diri sebenarnya sebagai bentuk tanggung jawab atas konten blog kita sampai bersembunyi di balik nama samaran atau jatidiri yang ga jelas bahkan fiktif!

Melalui Blog kita bisa beropini dan sangat lazim untuk berbeda pendapat dengan siapa pun. Dari sini akhirnya bisa terjadi diskusi ilmiah, komunikasi, interaksi yang baik antar blogger. Atau sebaliknya debat kusir ga karuan yang ga jelas ujung pangkalnya dengan saling menghina, membela, memprovokasi, melakukan kebohongan publik untuk menyudutkan pihak-pihak tertentu, membunuh karakter seseorang…. Hmm ternyata dunia maya bisa kejam bangets.

Yup, blogosphere bisa berisi emas atau sekedar sampah. Kita belum bisa memberikan sanksi kepada pengelola blog yang melakukan tindakan ga etis menurut kita. Lha wong jati diri di balik sebuah blog bisa aja fiktif! Seandainya pun ada sanksi per-blog-an yang mengatur penulisan di dunia maya, bagaimana kita bisa mengetahui dalang dibalik sebuah Blog? Dari username dan email dan…? Paling sanksi yang jelas adalah “pembredelan”. Saya ga tau sih, tapi agaknya ini kembali kepada kebijakan konten, term of service tiap penyedia layanan blog yang berbeda-beda.

Memang blogosphere adalah bagian dari dunia maya. Dunia yang ndak nyata. Kita bisa melakukan hal-hal negatif di dunia maya ini tanpa takut ketahuan jati diri kita sebenarnya (tapi oleh Tuhan?). Kita bisa berlagak alim, intelek, preman, bejat, sok kocak, cerewet yang sifat-sifat ini hampir tak pernah tampak pada dunia nyata sehari-hari di balik topeng blog. Sebaliknya juga, mungkin di balik pembawaan yang tenang, pendiam di keseharian, ternyata ada pemikiran yang bagus, ide-ide yang tajam, opini yang cerdas dan objektif, informasi yang bermanfaat untuk sesama atau sisi lain yang berbeda. Meski maya, namun ternyata dunia ini bisa menunjukkan jati diri kita yang sebenarnya, yang nyata….

Sadarilah, tidak semua informasi yang kamu dapatkan di blogosphere itu benar. Juga sebaliknya dong, ga semua informasi di blogsphere itu salah. Perlu diingat, orang dengan berbagai macam latar belakang ada disini dan nulis sebebas-bebasnya. Dan kita harus siap menerima konsekuensinya. Pertanyaannya cukup dewasakah kita menyikapinya? Yup, selektif! Menyaring informasi yang kita dapatkan itu perlu. Memberikan informasi yang benar juga penting. Bisa jadi blog bisa menjadi suatu suara independen yang bisa mempengaruhi kehidupan sosial (halah..) hehehe.

Sesungguhnya, blog bisa menjadi sarana untuk memberikan informasi yang benar. Tulisan-tulisan yang mendidik. Opini yang mencerahkan. Blog bisa menjadi sarana komunikasi dan diskusi yang sehat sehingga akan berpengaruh positif. Akhirnya, mari pergunakan kebebasan berpendapat ini dengan rasa penuh tanggung jawab. Sebenarnya itu ajakan untuk diri saya pribadi. Anda merasa terajak juga?

Advertisements
Categories: Celoteh
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: