Home > Celoteh > Situs Pak SBY

Situs Pak SBY

Salah satu situs yang saya kunjungi ketika browsing internet adalah situsnya Pak SBY, presiden kita sekarang Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak sering, sekedar ingin saja melihat tulisan-tulisan yang resmi dari sudut istana kepresidenan. Setelah dihujani berbagai macam informasi dan analisis tentang kebijakan pemerintah dari orang-orang yang ditokohkan, yang dianggap pakar, dan yang semisalnya. Jadi semacam kegiatan cek dan ricek. Dulu saya pikir ini adalah blognya presiden SBY, sempet berpikir blog engine yang dipakai apa ya? Hahahaha. Paling tidak itu kesan pertama yang muncul dalam benak saya, situsnya presiden SBY “blog banget”…

Setahu saya presiden Indonesia yang punya situs resmi ketika menjabat cuma pak SBY. Bung Karno? Hoo belum musim internet kalee. Pak Harto? Waktu jamannya pak Harto saya belum “melek” internet sih jadi ga tahu, tapi akhirnya saya temukan juga situs resminya Pak Harto. Kemudian saya menemukan situs resmi Pak Habibie, Gus Dur, tapi saya belum menemukan situs resminya Bu Mega. Sepertinya situs-situs resmi mantan RI-1 dibuat setelah beliau-beliau lengser deh.

Kembali kepada situs SBY yang blog banget. Adanya embel-embel SBY pada domain situs kepresidenan mengesankan situs ini lebih bersifat personal daripada kepresidenan. Tapi sekarang saya baru tahu kalau situs pak Presiden bisa diakses melalui link: www.presidenri.go.id. Walau begitu situs presiden SBY lebih populer dengan domain http://www.presidensby.info. Biasanya memang situs pemerintah berakhiran .go.id. Kalau seperti ini kesan resmi lebih terasa bukan? Siapapun nanti yang jadi presiden setelah Pak SBY bisa menggunakan domain http://www.presidenri.go.id/. Maksudnya biar ga gonta ganti domain untuk situs resmi kepresidenan RI. Kalau domainnya hanya presidensby.info kan nanti repot kalo presiden barunya Purwanindita. Jadi harus buat domain baru lagi: presidenpoer.info….hehehe.

Untuk masalah content, situs resmi presiden kita berisi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan kepresidenan dan kenegaraan. Artikelnya ringkas, padat dan berisi. Tapi kok ada promo album lagu ya? Hmm…

Ternyata yang pemimpin negara yang punya situs resmi bukan presiden kita saja lho… (Ya iya lah!). Berdasarkan informasi dari quicklinks Enda, ternyata ada orang yang membandingkan situs-situs pemimpin dunia. Dibandingkan dengan situs pemimpin dunia yang lain punya presiden SBY ga kalah kok.

Akhirnya tulisan ini tidak dalam rangka bentuk dukungan politik kepada person tertentu atau untuk menjatuhkan wibawa pemerintah. Sama sekali tidak. Btw, mungkin tulisan saya terlalu basi: situs resmi presiden SBY sudah ada sejak kapan (sejak 14 Februari 2006) dan selama ini saya kemana aja? Hahaha.

Categories: Celoteh
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

