Home > Celoteh > Hura-hura Tahun Baru 2009 dan Palestina

Hura-hura Tahun Baru 2009 dan Palestina

Mungkin tulisan ini terlambat… namun saya rasa belum terlambat sebagai bahan renungan untuk memperbaiki diri kita khususnya saya pribadi. Ini tentang hura-hura tahun baru 2009 yang lalu. Yang dihiasi dengan hingar bingar terompet yang memekakkan telinga beserta riuh rendah konser musik, dan pesta kembang api di penghujung hitung mundur menyambut tahun baru 2009. Tawa, canda, riang gembira: Hanya hura-hura.

Namun di sana… di Palestina, pada saat yang sama saudara-saudara muslim kita, bersiaga di tempat-tempat perlindungan dan penjagaan dalam suasana yang mencekam. Dentuman bom-bom dan rentetan serangan Yahudi semenjak tahun baru Islam (setahu saya), telah mengakibatkan korban yang banyak… lebih banyak daripada bom Bali…. Mereka yang tua, yang muda, yang masih anak-anak, yang dewasa, yang pria, yang wanita, baik yang terluka maupun yang gugur sebagai manusia yang melawan! Melawan penuh dengan harga diri yang tinggi: Hidup mulia atau mati syahid.

Kawan, mungkin suara terompet itu begitu gaduhnya memekakkan telinga, sehingga kita tuli. Kawan, mungkin cahaya kembang api itu begitu terangnya, sehingga membuat mata kita silau dan buta. Makanya kita tidak mendengar. Makanya kita tidak melihat. Atau kita yang tidak tahu dan tidak pernah mau tahu? Yang tidak peduli dan tidak pernah mau mengerti? Dimanakah solidaritas kita sebagai seorang muslim? Dan kemanakah suara-suara sang pembela hak asasi manusia? Diam dan membisu seribu bahasa….

Advertisements
Categories: Celoteh
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: