Home > Celoteh > Solidaritas Islam, Mau?

Solidaritas Islam, Mau?

Sebelumnya, saya tekankan: saya berlepas diri dari demonstrasi, unjuk rasa, dan berbagai kerusakan yang ditimbulkan darinya seperti keluarnya wanita di jalan-jalan yang panas dan berdebu, berteriak-teriak, berdesak-desakan dengan kaum pria dan lain sebagainya. Di sini saya hanya ingin menyinggung sebuah pertanyaan sederhana: Mengapa ada muslim Indonesia yang masih mau peduli dengan masalah muslim Palestina, menyerukan penggalangan dana, mengecam Yahudi, bahkan ada yang menginginkan untuk berangkat jihad ke Palestina melawan agresor Yahudi….

Bukannya katanya bangsa Indonesia sedang krisis ekonomi? Minyak mahal, gas LPG langka. Sekolah juga mahal. Banyak rakyat yang juga lagi susah hidupnya, sekarang makan belum tentu besok. Lalu mengapa masih juga mikirin “bangsa” lain? Sedangkan urusan dalam negri masih morat marit. Lalu?

Ya, ini namanya solidaritas bung! Lebih khusus lagi ini adalah solidaritas persaudaraan yang diikat kuat dalam sebuah persaksian yang teramat dalam berakar di palung hati: 2 kalimat syahadat. Singkatnya, ini adalah solidaritas muslim. Dan Islam mengajarkan betapa harga jiwa dan raga seorang muslim ini begitu mulianya. Begitu mahalnya. Bahkan lebih mulia dari kakbah di Baitullah:

“Betapa bagusnya engkau (wahai Ka’bah), betapa wangi aromamu, betapa besar nilaimu dan besar kehormatanmu. Namun, demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sungguh kehormatan seorang mukmin jauh lebih besar di sisi Allah dibanding engkau, baik kehormatan harta maupun darah (jiwa)nya.” (Riwayat Ibnu Majah)

Coba kalau ada orang yang menghancurkan kakbah, maka muslim mana yang tidak terbakar semangat jihadnya, tersakiti hatinya? Nah ini bukan lagi soal kakbah, kiblat ummat Islam. Melainkan masalah darah, jiwa seorang muslim… bahkan bukan lagi darah seorang muslim tetapi ratusan bahkan ribuan. Hati muslim mana yang tak teriris?

Advertisements
Categories: Celoteh
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: