Home > Utak-atik > XAMPP – Oracle : Connected!

XAMPP – Oracle : Connected!

Terus terang saja, saya suka sekali dengan PHP dan MySQL. Untuk menyalurkan gairah coding,  saya melampiaskannya dengan bantuan XAMPP dan Notepad++… halah opo jal hehehe 🙂

XAMPP? Ya paket instalasi Apache, PHP, dan MySQL yang paling mudah menurut saya. Installnya tinggal next next yes yes finish hehehe. Saya malas banget melakukan instalasi secara terpisah terus harus melakukan konfigurasi ini itu 😦

Notepad++? Yah sebenarnya saya berharap banget dengan Macromedia Dreamweaver, tapi… ndak punya duit untuk beli. Jadinya ya saya pakai yang gratisan: Notepad++.  Mungkin diantara anda ada yang punya saran untuk web editor yang free (bagus juga tentunya) sebagai alternatif Notepad++? Bluefish Editor? Hoo andai saja perusahaan tempat saya bekerja menggunakan Linux. Ya apalagi kalau menggunakan Windows? Tapi asli ga bajakan kok.

Masalahnya lagi sekarang saya bekerja pada perusahaan yang menggunakan Oracle. Terpaksa saya mencari caranya bagaimana melakukan koneksi PHP dengan Oracle melalui XAMPP. Mungkin bagi anda ini masalah sepele, tapi bagi saya ini penting. Lagian kata Imam Syafi’i (Insya Allah) , “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya”.

Langsung saja ya, berikut ini adalah cara koneksi PHP – Oracle melalui XAMPP. XAMPP yang digunakan adalah XAMPP versi terbaru (saat ini), XAMPP 1.7.3 dan Oracle 10g (asumsi sudah melakukan instalasi XAMPP di direktory D)

  • Masuk ke direktori D:\xampp\php buka file php.ini kemudian cari baris “;extension=php_oci8.dll” hilangkan tanda “;” jadi “extension=php_oci8.dll” (tanpa tanda petik lho…) kemudian save.
  • Download Oracle Instant Client dari website Oracle. Harus punya username dan password. Kalau tidak punya daftar saja. Gratis kok! Saya menggunakan instantclient versi 11.2.
  • Ekstrak file Oracle Instant Client. Masuk ke dalam foldernya, kemudian copy semua filenya (oci.dll, ociw32.dll…  semuanya!) ke direktori D:\xampp\apache\bin
  • Stop start apache. Selesai!

Coba lakukan koneksi dengan menjalankan script test.php sebagai berikut:

<?php

$conn = oci_connect(‘username’,’password’,’//host_name/service_name’);
if (!$conn) {
echo “error”;
}
else{
echo “OK”;
}

?>

Kalau kasus saya sih bisa konek,  tapi belum berhasil untuk Oracle 8i, mungkin karena Oracle Instant Clientnya versi terbaru. Padahal saya sudah coba berkali-kali langkah-langkah di tutorialnya di Blog Pak Rahmat Subagyo. Bagaimana dengan anda?

Categories: Utak-atik
  1. 23/12/2010 at 4:12 am

    mantab mas, sangat membantu, terima kasih banyak!!! 🙂

  2. anggoro
    23/04/2012 at 1:50 am

    thank you.. 🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

