Home > Utak-atik > User Account di Vista

User Account di Vista

Anda mengalami susahnya menambahkan user account baru di Vista? Entah mengapa pada kasus saya susah sekali. Kasus ini terjadi pada Sistem operasi Windows Vista bawaan Notebook Sony Vaio VGN-TZ37GN.

Berhubung adanya GM baru, maka saya mendapat tugas untuk mengubah user laptop fasilitas kantor dari GM yang lama ke GM yang baru. Rencananya akun baru ini akan mengacu pada jabatan, jadinya tidak akan melakukan perubahan user lagi jika nanti ada pergantian GM yang baru.

Kesulitan pertama adalah mengaktifkan login user Administratornya. Tidak mau ambil pusing, saya siapkan senjata pusaka: Hirenboot 10.5. OK permasalahan login username dan password administrator sudah teratasi hehehehe. Kalau mau mungkin bisa pakai cara alternatif  “Dari Kita Untuk Kita”.

Selanjutnya hapus user yang lama. Ini pun tidak bermasalah. Login dulu sebagai administrator kemudian masuk ke Control Panel > User Accounts > User Accounts klik Manage User Accounts. Setelah muncul jendela User Accounts kemudian sorot (pilih) user yang mau dihapus, klik remove.

Nah kemudian kesulitan sebenarnya adalah menambah user baru. Selalu saja muncul pesan error: The User bla bla bla could not added to the Administrators group because bla bla bla does not exist, sebagaimana ditunjukkan gambar berikut:

Akhirnya setelah melalang buana di pelosok  google (halah opo jal…) saya mendapatkan cara sebagai berikut untuk mengakalinya :

Pertama, masuk start > klik kanan pada Computer > klik Manage jendela Computer management akan terbuka Tadaaaaa 🙂

Kedua, klik Local Users and Groups akan tampak folder User Users dan Groups. Klik kanan Folder Users dan pilih New User…

Jendela Add User akan terbuka. Sampai sini tinggal melengkapi kolom isian seperti biasa (termasuk passwordnya).

Kemudian jangan lupa kalau sudah selesai klik tombol create. Tutup saja semua Jendela tadi….

Ketiga, masuk ke Control Panel > User Accounts > User Accounts. Kemudian klik Manage User Accounts. Setelah muncul jendela User Accounts kemudian sorot (pilih) user yang mau dimasukkan ke dalam Group Administrator, klik properties. Akan muncul jendela User Propertiesnya. Pilihlah tab Group Membership pilih saja option Administrator Groups, klik OK.

Keempat. Restart komputer, masuk dengan User yang baru saja di create. Selesai…..

Mungkin ada diantara anda yang mempunyai cara lain yang lebih ringkas?

Advertisements
Categories: Utak-atik
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: